Selasa, 19 November 2013

Budi Daya Ikan Gurame




Ikan gurame dikenal sebagai raja ikan konsumsi air tawar.Rasa daging nya yang lezat dan tekstur dagingnya besar menjadikannya sebagai hidangan yang digemari oleh para konsumen.dan hal itu menjadikannya mempunyai nilai jual tinggi.selain itu belum ada teknologi yang bisa memacu pertumbuhan badannya sehingga antara kebutuhan dan pasokan selalu tidak seimbang.

1. JENIS-JENIS IKAN GURAME
  > Gurame Angsa (Soang)
Ciri-ciri : - Badannya relative panjang
                           - sisik relative lebar
                           - beratnya mencapi 8 kg,dan
                           - panjangnya mencapai 65 cm
             





>  Gurame Jepang
Ciri-ciri : -Badanya relative pendek                       

                 -Sisik lebih kecil
                 -Beratnya mencapai 3,5 kg
   -Panjangnya mencapai 455 cm





2. KEBIASAAN HIDUP DI ALAM
            Ikan Gurame merupakan salah satu jenis ikan yang mendiami perairan tenang dan dalam,seperti rawa atau danau.Ikan gurame hanya bisa hidup di kolam yang tidak padat dengan tumbuhan air.Ikan gurame merupakan ikan yang malas terbukti dengan gerakannya yang naik turun di dalam air.ikan ini akan gesit jika ia melihat pakanya di permukaan air,maka ikan ini akan segere memakannya dengan gerakan yang gesit.

3. PAKAN IKAN GURAME
            - ketika menjadi larva :memakan jasad renik berupa rotifer dan infusaria
            - Berumur beberapa hari :memakan larva Insekta,Crustacea,dan Zooplankton.
            - Berumur beberapa Bulan : Memakan tumubuhan yang lunak
            - Setelah dewasa :memekan dau-daunan seperti daunt alas,daun papaya,daun
   singkong,dll.

4. KEBIASAAN BERKEMBANG BIAK
            Ikan gurame berkembang biak tidak tergantung pada musim, melakukan pemijahan pada ikan gurame sebaiknya ketika ikan gurame telah berumur 2-3 tahun.Ikan gurame mimiliki kebiasaan membuat sarang terlebih dahulu dari rumput-rumputan sebelum melakukan perkawinan.
            Pada saat perkawinan,telut,telur dimasukkan dalam sarang dan dijaga oleh induk jantan.Namun,setelah selesai pemijahan,biasanya tanggung jawab penjaga keturunan ini diserahkan ke induk betina.

 
5.PERSIAPAN PEMIJAHAN
            Persiapan dilakukan dengan cara kolam dikeringkan selama tiga hari atau lebih,hal ini berfungsi untuk membunuh bibit hama dan penyakit,dan juga memberi rangsangan bau sangit pada indukan ikan gurame.
            Penanaman tanaman air seperti hydilla verticilata di dasar kolam di dekat pintu pemasukan air merupakan tempat nyaman bagi benih untuk mencari makan.sediakan tempat pembuatan sarang berupa pengki atau ranting tanaman,sedangkan bahan pembuat sarang di sediakan berupa ijuk yang halus.



6..MEMILIH INDUK GURAME
            Sebelum memilih indukan gurame,terlebih dahulu kita harus menegtahui perbedaan indukan gurame jantan dan betina.pada ikan jantan terdapat tonjolan.sementara ikan betina mempunyai bentuk dahi yang cekung dan kecil dengan tanpa tonjolan sama sekali.pada ikan betina mempunyai sirip berwarna terang atau keputih-putihan.Sedangkan ikan jantan mempunyai dagu yang berwarna kuning.
            Ciri induk berkualitas,baik ikan jantan maupun betina adalah berumur 3-7 tahun.ikan betina jika perutnya diraba akan terasa lembek,pada anus atau ubur,akan tampak putih
kemerah-merahan.Pada ikan jantan warna badannya akan terlihat gelap dan agak pucat dengan perut yang lancip di dekat anus,bagian tubuh masik lengkap dan mempunyaifunsi yang baik ditandai dengan gerakan yang lincah.






7.PEMIJAHAN         
            Induk-induk yang telah lolos seleksi dimasukkan ke dalam kolam yang telah berisi air dengan hati-hati.perbandingan jumlah ikan jantan dan betina adalah 1:1-4,dengan demikian ikan jantan dapat mengawini 1-4 ikan betina dalam satu tarikan.stelah lima belas hari sejak dilepaskan induk jantan mulai membuat sarang.biasanya induk jantan membuat sarang selama 7 hari atau seminggu.Setelah sarang selesai di buat.induk jantan akan mencari induk betina untuk bersama-sama memijah di sarng yang telah dipersiapkan.induk betina akan menyemprotkan telur-telurnya ke dalam sarang melalui lubang sarang yang kecil,kemudian induk jantan akan membuahinya dengan menemprotkan spermanya pada telur.
            Pemijahan ikan gurame biasanya berlangsung selama 2-3 hari.induk betina akan menjaga anaknya dengan mengipaskan siripnya,terutama sirip ekor,kearah sarang.gerakan tersebut akan meningkatkan kandungan oksigen terlarut dalam air.hal tersebut akan membantu penetasan telur-telur.
            Tanpa turun ke kolam pemilik bisa menegtahui induk-induk yang telah melakukan pemijahan dengan melihat adanya bau amais dan melihat dari atas kolam adanya lapisan minyak tepat di atas sarang pemijahan.

8.PENETESAN TELUR DAN PERAWATAN BENIH
            Srelah benih berumur 5 hari,benih akan mulai aktif mencari makan,menerobos dinding sarang,dan berkeliaran mencari makan –makanan alami.pada saat inilah pakan alami tersedia di kolam.Bila penetasan dilakukan pada tempat khusus,terlebih dahulu telur beserta sarang diangkat untuk dipindahkan ke dalam tempat penetasan.waktu yang tepat untuk melakukan pemindahan sarang telur adalah pada saat suhu air kolam tidak terlalu tinggi,bisa pagi atau sore.
            Kualitas air sangan berpengaruh pada benih ikan,sebaiknya ketika dilakukan pemindahan sarang pada tempat yang lebih khusus,menggunakan air ketika ia melakukan pemijahan dengan syarat airnya harus bersih.Dalam penggantian air,biasanya air lama disisakan ¼ nya baru ditambahkan air baru.
9.PEMBESARAN IKAN GURAME
            Setelah berumur seminggu,biasanya benih-benih melaui bisa didedar de kolam yang telah dipersiapkan.Pendedaran bertujuan untuk membesarkan benih yang masih lemah di dalam kolam luas dengan ketersediaan pakan alami yang berlimpah.
            Pendedaran harus dilakukan dengan hati-hati,suhu kolam dengan suhu bak ember harus disesuaikan  dengan cara ember diapungkan di atas air selama seperempat jam,lalu ember tersebut di gulingkan,bukan dikocorkan,agar benih gurame senang dapat pindah ketempat yang lebih luas dan segar.Untuk pendedaran pertama,benih yang didedarkan sebanyak 20-40 ekor/luas kolam untuk luas kolam 50 m



0 komentar:

Posting Komentar