Selasa, 19 November 2013

MENGENALI IKAN SAKIT



Secara umum,tidaklah terlalu sulit membedakan ikan yang sakit dengan yang sehat asalkan ikan  itu  masih  hidup.

A.Tanda-tanda umum ikan sakit
Tingkah laku yang  diperlihatkan  oleh ikan  sakit biasanya  banyak menyimpang.diantaranya adalahsebagai berikut:
a.       Ikan sering menggosok-gosokkan badannya pada benda-benda seperti batu,tanaman air,atau kepinggir dinding  kolam maupun dinding akuarium karena mungkin badannya terasa gatal.hal tersebut dilakukan oleh ikan sering berkali-kali.
b.      Gerakan ikan seolah-olah tidak terkendali dan suka ”main tabrak” apabila ada serangan dari parasit berbeda yang menyebabkan kehilangan keseimbangan.
c.       Ikan diam di dasar dengan kedua sirip dadanya terbuka atau sekali-sekali muncul kepermukaan air seperti menggantung.Adapula yangmemperlihatkan ikan megap-megap membuka kedua tutup insangnya lebih lebar dari biasanya.
d.      Perubahan warna tubuh ikan bisa di akibatkan oleh serangan parasit dan bisa juga karena ikan stress,terkejut,atau habis memijah.

B.MENCEGAH IKAN SAKIT
Ada pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati,berikut adalah beberapa tindakan pencegahan agar ikat tidak sakit :

a.       Kualitas air : untuk menghindari terjadinya wabah penyakit akibat kualitas air yang tidakn baik,sebaiknya hindari pemupukan  yang berlebihan,pemberian pakan yang tidak sesuai,penebaran yang terlalu tinggi,serta pencegahan agar tidak terjadi pencemaran air,oleh bahan yang berbahaya lainnya.
b.      System Pengairan: pemasangan filter(gumpalan ijuk) pada saluran pemasukan air dapat berfungsi mencegah benih-benih parasit atau benda-benda asing lainnya masuk pada saluran air.
c.       Pakan :bibit penyakit dapat pula terbawa oleh pakan,terutama pakan alami,agar pakan alami tidak menjadi penyakit bagi ikan,sebaiknya pakan dibersihkan dahulu sebelum diberikan pada ikan.
C.MENJAGA KESEHATAN IKAN
a.    Menjaga  kesehatan lingkungan budi daya salah satunya adalah hanya mengeringkan atau menjemur kolam di terik matahari secara teratur setiap selesai panen.
b.    Memeriksa kesehatan ikan:dengan cara melihat atau memerhatikan gejala-gejala ikan ,pemeriksaan kesehatan ikan hendaknya dilakukan setiap hari.saat yang paling tepat adalah ketika pemberian pakan karena pada saat itu ikan-ikan biasanya muncul menampakkan diri ke permukaan air.

0 komentar:

Posting Komentar