Selasa, 26 November 2013

BUDI DAYA IKAN HIAS CONGO TETRA



Cango tetra merupakan salah satu spesies tetra afrika yang sering di pelihara para hobiis,anda harus memiliki akuarium yang lebih besar dari pada biasanya untuk mengembangbiakkannya.
1.      PERSIAPAN PEMIJAHAN
Rancangan akuarium pembiakan
-ukan bak akuarium 90x30x45 cm
-sediakan tumbuhan sebagai media pemijahan
-atau media pemijahan lai adalah sapu pemijahan
            Cara membuat sapu pemijahan :
1.gulungkan benang wol nilon warna hijau pada sebilah kardus atau pada buku ini pada sisi       pendeknya sampai 30 utas. potong sisanya.
2.potong seutas benang wol kira-kira sepanjang 20 cm dari gulungan wol dan sisipkan di bagian bawah untaian benang itu.ikat untaian benang itu dengan simpul yang kuat.
3.balikkan billah kardu atau buku dan potonglah ikatan benang wol pada sisi berlawanan dari ikatan itu.
Ingat : jangan memotong ujung sisa benang panjang yang mengikat untaian benang itu.
4.bagian ujung panjang dari benang wol yang mengikat untaian sapu dapat digunakan untuk mengikatnya pada gabus atau menggantungkannya di permukaan akuarium.
2. PEMIJAHAN
-masukkan sepasang congo tetra yang sehat ke dalam bak pembiakan sebelum mematikan lampu ruangan
-kebanyakan pasangan congo tetra memijah keesok paginya.
-proses perkawinan dimulai oleh sang jantan dengan mengejar-ngejar sang betina ke san-kemari serta memamerkan siripnya kepada sang betina.pada tahap inilah warna tubuh ikan jantan akan sangat indah.
-Jika sang betina tertarik,maka mereka akan melakukan perkawina.

 PERBEDAAN JENIS KELAMIN : ikan jantan memiliki tonjolan panjang sampai sirip ekor belakang dan warnanya lebih menyolok.sirip dorsalnya lebih memanjang.sedangkan betina lebih keras namun montok

       3. PENETESAN TELUR  
            Telur-telur bening menempel pada dedaunan,pisahkan segera kedua induk setelah melakukan                pemijahan.dalam kurun waktu lima hari telur-telur tersebut akan menetas.

        4.PERWATAN ANAK IKAN
            Burayak (benih ikan) akan menempel pada media pemijahan selama beberapa hari sebelum mampu berenang sendiri.setelah panjang mereka 2 cm,mereka akan menyantap pakan berukuran lebih besar dan pakan khusus pemacu pertumbuhan ikan tersebut.jenis kelamin mereka baru bisa dibedakan jika tubuhnya mencapai 5 cm,dan akan mata secara seksual jika panjangnya sekitar 7,5 cm.

0 komentar:

Posting Komentar